Sosialisasi dan On the Job Training Operasionalisasi ( OJT ) Website Desa

Sosialisasi dan On the Job Training Operasionalisasi ( OJT ) Website Desa

fikornopsulsel.org – Forum Informasi Komuikasi Organisasi Non Pemerintah ( FIK Ornop ) Sulawesi selatan melakukan soialisasi dan OJT pengoperasian website desa di dua kabupaten yang menjadi piloting program penyediaan data secara partisipatif. Kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu yang berbeda di empat desa di Kabupaten Takalar dan Kabupaten Wajo.

Di kabupaten Wajo sosialisasi dan OJT ini dilaksanakan pada 26/12/2016 dimasing-masing kantor desa yang menjadi wilayah program FIK Ornop yaitu, kantor desa Mattirowalie kecamatan Maniang Pajo dan kantor desa Ongkoe kecamatan Bellawa kabupaten wajo.

Sosialisasi dan On the Job Training Operasionalisasi ( OJT ) Website Desa

Dalam sambutannya kepala Desa Mattirowalie, Muhammad Siarah mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami khusunya bagai aparat desa Mattirowalie. Dengan adanya pelatihan ini kami bisa melakukan sosialisasi berbagai macam kegiatan yang telah dan akan kami lakukan selakukan selanjutnya.

Siarah menambahkan dengan adanya program FIK Ornop di desa kami ini, banyak hal yang telah berubah terutama dari segi partisipasi masyarakat serta bagaimana masyarakat mengambil peran dalam setiap perencanaan yang akan dilakukan di desa Mattirowalie. “kita sangat terbantu dengan program ini, harapan kedepannya kerjasama ini tidak sebatas program saja namun, ada tindak lanjut yang lebih jauh lagi. Mengingat desa saat ini dalam hal mutu SDM masih sangat minim pemahaman khusunya setelah ada UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa”, ujar Siarah.

Ditempat berbeda kepala desa Ongkoe Ridwan Yunus mengatakan kegiatan FIK Ornop ini telah banyak memberikan kami gambaran bagaimana kami selaku aparat desa mengoptimalkan setiap potensi yang ada di desa kami sehingga nantinya dalam mewujudkan desa Ongkoe yang mandiri akan lebih mudah.

Ridwan menambahkan kami telah menadapat banyak pelajaran khususnya beberapa pelatihan yang sebelumnya dilakukan ditambah dengan pengadaan website ini lebih memudahkan kami dalam sosialisai serta mempublikasikan informasi, data dan potensi yang desa kami punya. “kami sangat berterima kasih karena dengan website ini kami akan lebih muda memperlihatkan capaian-capain yang telah kami lakukan dan bagaimana kami mengoptimalkan dana desa yang sekarang begitu banyak jumlahnya”, ujar Kades muda ini.

Hadir dalam kegiatan ini dari berbagai unsur seperti, perangkat desa, tokoh masyarakat, tokokh agama, tokoh pemuda dan beberapa masyarakat desa Mattirowalie dan Ongkoe.
Sosialisasi dan OJT di Kabupaten Takalar

Setelah menyelesaikan sosialisasi dan OJT di kabupaten Wajo, kegiatan yang kemudian dilakukan di dua desa berikutnya yang berada di kabupaten Takalar. Dalam kegiatan ini dilakukan di kantor desa Ujung Baji dan kantor desa Laguruda kecamatan Sanrobone kabupaten Takalar. Pelatihan ini pun dilaksanakan secara bersamaan pada 03/1/2017.

Sosialisasi dan On the Job Training Operasionalisasi ( OJT ) Website Desa

Sosialisasi dan On the Job Training Operasionalisasi ( OJT ) Website Desa
Sosialisasi dan On the Job Training Operasionalisasi ( OJT ) Website Desa

Dalam sambutannya kepala desa Ujung Baji Dewagong Tawang menuturkan program FIK Ornop bersama HIVOS-MAVC ini sangat membantu kami khususnya di desa Ujung Baji. Dengan adanya program ini kamin telah melakukan beberapa perubahan salah satunya dalam hal musyawarah ditingkat desa. “biasanya kami hanya mengundang perwakilan dari setiap dusun untuk hadir di kantor desa untuk melakukan musrembang desa tapi, setelah adanya program FIK Ornop ini kami melakukan musrembang ditingkat dusun dulu baru kemusrembang desa”. Tutur Dewagong.
Senada dengan kades Ujung baji, kades Laguruda Muhammad Amin Maro juga mengucapkan banyak terima kasih dengan bantuan FIK Ornop selama kurang lebih setahun ini mendampingi desa kami dalam banyak hal untuk memberikan pelatihan hingga pada pemberian website dan perangkatnya. Kami mengharapkan bahwa apa yang dilakukan oleh FIK Ornop yang bekerja sama dengan HIVOS – MAVC tidak berhenti sampai di sini saja. Tutur Amin.

Kurniadi sekdes Laguruda menambahkan saat ini kami memang belum bisa melakukan publikasi terkait dengan data, informasi dan potensi di desa Laguruda karena kami khususnya aparat desa desa memang masih kurang dalam hal kemampuan kami untuk membuat narasi terkait dengan postingan di website desa kami. Namun, terlepas dari itu keberadaan website ataupun beberapa kegiatan yang dilakukan FIK Ornop bersama kami sangat membantu misalnya saja dalam alur pelayanan KTP dan KK, setelah di publikasikan di website dan hari sosialisasi, warga kami pun juga tahu bagaimana alur pengurusan KTP dan KK.

“apa yang telah diberikan oleh FIK Ornop kepada desa Laguruda selama kurang lebih setahun ini sangat membantu sehingga ini tidak berakhir sampai di sini”. Tutur Sekdes muda ini.
Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, tokoh masyarakat, agama, pemuda dan warga desa Ujung Baji dan Laguruda.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *