FIK ORNOP Sulsel Latih Aparat Desa Susun RPJMDesa dan APBDesa

FIK ORNOP Sulsel Latih Aparat Desa Susun RPJMDesa dan APBDesa

fikornopsulsel.org – FIK ORNOP Sulsel Latih Aparat Desa Susun RPJMDesa dan APBDesa – Sebanyak 20 aparat desa yang berasal dari kabupaten Takalar dan kabupaten Wajo mendapatkan pelatihan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ( RPJMDesa ) dan Anggaran Pandapatan Belanja Desa ( APBDesa ).

Pelatihan dilaksanakan oleh Forum Informasi komunikasi Organisasi Non Pemerintah ( FIK ORNOP ) Sulawesi selatan bekerja sama dengan HIVOS – MAVC di hotel Ramedo, Jl. Landak Baru, No. 112F. Kegiatan ini sendiri berlangsung selama lima hari kedepan dimulai dari tanggal 21 hingga 25 Agusutus 2016.

Dalam sambutannya, koordinator FIK ORNOP Sulsel, M. Asram Jaya mengatakan ini merupakan pelatihan yang kedua yang diikuti oleh aparat desa yang menjadi piloting program FIK ORNOP Sulsel yang dilakukan di dua kabupaten di sulsel yaitu, Kabupaten Takalar dan kabupaten Wajo. “Pelatihan kali ini lebih spesifik atau khusus penyusunan RPJMDes dan APBDes. Ada informasi bahwa BPK sudah turun di desa untuk melakukan pemeriksan,” terang Asram.

Lebuh lanjut asram menuturkan pelatihan penyusunan dokumen ini bisa berjalan baik, terus kedua kami berhadap dari proses ini memanfaatkan sebagai ruang belajar bersama, saya yakin disini sudah ada yang lama menjadi aparat desa, jadi ada pengalaman yang sudah berproses dan akan membantu kita atau kawan-kawan lain untuk memberikan pengalamannya, tutur Asram.

Dalam kesempatan bersamaan Muhammad Haikal Ketua Transparancy International Indonesia sulawesi selatan salah satu fasilitator kegiatan ini mengatakan dalam kegiatan ini, nantinya kita akan belajar bersama-sama terkait dengan penguatan pengetahuan dan juga penguatan skill.

“Ada dua hal yang menjadi fokus belajar kita nantinya yaitu penguatan pengetahuan salah satunya pengetahuan perencanaan nasional sampai ke desa serta penguatan skill kita untuk menganalisi salah satunya analisis anggran publik. Sehingga, nantinya kedepan aparat desa khususnya yang telah dilatih oleh FIK ORNOP ini dapat menerapakan perencanaan yang berbasis partisipasi masyarakat desanya,” kata Haikal.

Selain Muhammad Haikal, kegiatan ini juga akan difasilitatori oleh Mawardi mantan direktur eksekutif Pendidikan Rakyat Anti Korupsi ( PeRAK ) Institute dan juga sebagai Badan musyawarah FIK-ORNOP Sulsel.(*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *